Kamis, 28 Juni 2012

Pengantar Framework CodeIgniter 2

Framework CodeIgniter 2 adalah framework pemrograman PHP, yang memungkinkan pemrogram bisa lebih mudah untuk melakukan pengembangan aplikasi web.

Framework CodeIgniter 2 adalah versi terbaru dari framework CodeIgniter, yang dikembangkan setelah versi stabil terakhirnya, versi 1.73.

Beberapa perubahan telah dilakukan pada versi 2 ini, dan versi framework ini tidak menyediakan suatu usaha kompatibilitas untuk kode program yang dikembangkan dari versi sebelumnya.
Berikut adalah beberapa perubahan yang menunjukkan tidak adanya kompatibilitas dari versi sebelumnya:

  • Versi 2 ini menggunakan basis PHP5, sudah tidak mendukung lagi PHP 4
  • struktur direktori framework yang berbeda, terutama untuk direktori aplikasi yang dikembangkan oleh pemrogram, kini di luar dari direktori system, menjadi sejajar dengan direktori system
  • class untuk controller dan model, tidak diturunkan dari class Controller dan Model, tetapi dari CI_Controller dan CI_Model
  • Tidak lagi menggunakan plugin, tetapi librari saja


CodeIgniter dikenal dengan singkatan CI, selanjutnya kita bisa menyebutnya dengan CI.

CI merupakan framework PHP yang paling sederhana, tetapi dapat dikatakan salah satu framework PHP yang terbaik.

CI, termasuk CI versi 2, menerapkan teknik pemrograman MVC (Model View Controller); salah satu teknik pemrograman yang memisahkan bagian pengolahan data (Model), penampil (View), dan pengendali logikan program (Controller).

Instalasi

Paket framework dapat diperoleh dari situs CodeIgniter 2.
Instalasi dapat dilakukan dengan mudah, dengan melakukan ekstrak ke dalam direktori dari server web.

Pengujian Hasil Instalasi

Pengujian hasil instalasi, apakah paket CI telah dapat digunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi atau belum, dapat dilakukan dengan menggunakan browser, dengan menginputkan URL alamat server dan nama direktori instalasi CI saja.

Berikut adalah tampilan dari hasil instalasi:

Pemrograman Dengan CI

Pemrograman dengan CI dilakukan dengan membuat model, view, dan controller; jika kita ingin melakukan pemrograman dengan teknik MVC.

CI adalah framework yang fleksibel, tidak mengharuskan pemrogram membuat model, view, dan controller untuk bisa membuat sebuah program; tetapi pemrogram dapat memulai dengan menggunakan controller saja.

Setiap program yang dibuat dengan menggunakan CI harus dibuat dengan membuat controller. Dari controller ini kita dapat kemudian melakukan pemrograman yang lebih modular. Kita akan mempelajarinya pada posting berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar