Minggu, 29 Juli 2012

Aplikasi CRUD

Aplikasi CRUD (Create, Read/Retrieve, Update, dan Delete) adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan maintenance data, yang terdiri atas modul untuk melakukan penambahan data, pembacaan data, perbaikan, dan penghapusan data.

Orientasi dari suatu aplikasi CRUD adalah manipulasi pada satu tabel, secara utuh atau sebagian kolomnya saja.

Suatu aplikasi CRUD yang lengkap akan menampilkan data dari suatu tabel dalam bentuk tabel atau grid, dengan menu yang terdiri atas tambah, ubah, dan hapus; yang dilengkapi dengan fitur untuk melakukan pemfilteran data. Data disajikan secara utuh atau pun dengan menggunakan paging.

Data harus disajikan dengan menggunakan paging, jika jumlah baris data sudah sangat banyak, sudah melewati ukuran layar. Paging digunakan untuk membuat agar pengguna tidak perlu melakukan scroll layar dan juga agar waktu penampilan data dari server tidak terlalu lama.

CodeIgniter pada versi awal menyediakan fasilitas untuk membuat aplikasi CRUD yang disebut dengan scafolding, tetapi sejak versi 1.7 fitur ini dihapus.

Tetapi pengembang aplikasi dengan dengan menggunakan framework CodeIgniter tidak perlu khawatir, karena banyak framework yang dikembangkan dengan menggunakan CodeIgniter atau pun librari (plugin) yang dapat digunakan.

Beberapa contoh aplikasi CRUD yang bisa digunakan adalah framework iotataubeta, atau beberapa yang ditampilkan berikut:




1 komentar: