Rabu, 18 Juli 2012

Konfigurasi Autoload

CI menganjurkan untuk melakukan pemuatan (load) suatu helper atau librari class dilakukan pada saat akan digunakan. Cara ini dilakukan agar tidak terlalu banyak baris program yang harus dimuat dan diinterpretasi oleh PHP di server.

Dalam kondisi tertentu beberapa helper dan librari class banyak digunakan atau hampir selalu digunakan dalam suatu program yang dibuat; seperti helper HTML, URL, dan FORM hampir selalu digunakan oleh program untuk menghasilkan suatu tampilan entri,

Jika kita dapat mengidentifikasi bahwa heper dan librari ini ada hampir pada setiap controller dan fungsi-fungsinya, model, atau viewnya, maka kita bisa membuat agar pemuatan dilakukan secara otomatis oleh CodeIgniter, yang dilakukan dengan menspesifikasikannya dalam file konfigurasi autoload.php.

File autoload.php berada di bawah direktori application/config.

Dalam file autoload.php ini, kita mendefinisikan pemuatan secara otomatis semua helper yang paling sering digunakan, librari class mana yang sering digunakan, dan bisa jadi file model mana saja yang digunakan.


Berikut adalah item-item yang dapat dimuat secara otomatis:
  • Semua librari class yang ada di bawah folder "libraries"
  • Semua file helper yang ada di bawah folder "helpers"
  • File config tambahan yang ditemukan di bawah folder "config"
  • File-file bahasa yang ada di bawah folder "system/language"
  • Model-model yang ditemukan dalam folder "models"


Dengan didefinisikan di dalam file autoload.php ini, maka pemrogram tidak perlu melakukan pemuatan lagi di dalam setiap controller, model, atau view yang akan menggunakannya.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar