Rabu, 04 Juli 2012

Struktur Direktori CI2

Salah satu perubahan mendasar dari CodeIgniter 2 dengan versi sebelumnya adalah struktur direktori dari framework.

CI2 merestrukturisasi direktori frameworknya, sehingga pengembang aplikasi yang menggunakan framework CI ini, bisa lebih leluasa untuk mengembangkan aplikasi. CI2 memisahkan direktori yang berisi program framework dengan direktori program yang dikembangkan oleh pemrogram yang menggunakan CI.

Sebelum versi 2, direktori application yang akan berisi program-program yang dikembangkan oleh pemrogram CI disimpan di bawah direktori system, sehingga direktori system akan berisi program framework CI dan program yang dikembangkan oleh pemrogram.

Mulai versi 2, maka direktori application yang berisi program yang dikembangkan oleh pemrogram dikeluarkan dari direktori system, sejajar dengan direktori system, sehingga struktur direktori CI bawaan (default) adalah seperti berikut:

[direktoriinstalasiCI2]
- application
- system
- user_guide
index.php
Pemrogram disarankan untuk tidak mengganggu program dari framework, yang ada di dalam direktori system.

Secara teknik pemrograman, tidak ada perubahan mendasar, pemrogram tetap bisa membuat script untuk controller, model, dan view dalam direktori controllers, models, dan views di bawah direktori application.

Keuntungan dari perubahan struktur direktori ini adalah, jika kita melakukan update atau perubahan program, maka kita bisa mengupdate satu direktori saja, yaitu direktori application dan semua direktori di bawahnya.

Selain direktori bawaan, pemrogram dapat menambahkan direktori asset yang sejajar dengan direktori system dan application, untuk menyimpan file-file yang tidak berhubungan dengan HTML dan PHP; sehingga struktur direktori aplikasi web dengan CI kita menjadi seperti berikut:
[direktoriinstalasiCI2]
- application
- asset
- system
- user_guide
index.php
Nama direktori asset atau assets merupakan direktori yang secara defakto digunakan oleh banyak pemrogram PHP atau aplikasi web lainnya, untuk menaruh semua file di luar file HTML dan PHP.

Di dalam direktori asset ini dibuat beberapa subdirektori seperti:
  • images -- subdirektori yang akan berisi file-file image atau gambar yang akan digunakan oleh aplikasi
  • css -- digunakan untuk menyimpan file CSS aplikasi
  • js -- untuk menyimpan script JavaScript, program yang akan dijalankan di dalam browser
  • files atau data -- menyimpan file-file selain images, css, dan js.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar