Rabu, 11 Juli 2012

Konfigurasi Framework CI

Framework CI memiliki konfigurasi aplikasi yang disimpan di bawah direktori application/config.

Beberapa file dasar konfigurasi yang penting, yang perlu untuk untuk diubah nilainya adalah:
  • config.php
  • route.php
  • autoload.php
  • database.php
File config.php
File ini digunakan untuk mendefinisikan protokol dan nama domain atau alamat IP dari aplikasi web. Nama domain dari aplikasi web perlu diubah, apabila kita ingin menambahkan batasan siapa saja yang bisa menggunakan aplikasi ini. Aplikasi yang dikembangkan bisa dipasang di mana saja. 

Di dalam file config.php ini juga mendefinisikan apakah kita akan mengaktifkan session aplikasi atau tidak. Jika akan diaktifkan, apakah session akan disimpan ke dalam database atau tidak. Setelah itu kita harus mengisikan key untuk session.

File route.php
File route.php digunakan untuk mendefinisikan atau mengubah nama controller default dari aplikasi. Default controller dari aplikasi adalah welcome. 

File autoload.php
File autoload digunakan untuk mendefinisikan file konfigurasi aplikasi tambahan, helper, librari, dan model aplikasi yang perlu secara otomatis dimuat pada saat aplikasi dijalankan.

File database.php
Konfigurasi tentang database yang akan digunakan oleh aplikasi didefinisikan pada file database.php ini. CI mendefinisikan database apa saja yang akan digunakan oleh aplikasi, secara terpusat dalam file ini.

Pengembang masih dapat melakukan pendefinisian di dalam controller atau model yang dibuat sendiri, tetapi sangat tidak disarankan, karena akan menyebabkan konfigurasi menjadi tersebar. Jika dilakukan secara tersebar, maka jika ada perubahan, pemrogram harus melakukan perubahan pada banyak file dan harus diperiksa satu per satu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar