Selasa, 03 Juli 2012

Pembacaan Data Dengan Librari Class Input

Librari class input adalah librari yang disediakan oleh CodeIgniter untuk memudahkan pembacaan data input yang dikirimkan oleh pengguna aplikasi web.

Librari class input akan secara otomatis dimuat oleh CodeIgniter, sehingga pengembang bisa langsung menggunakannya, tidak perlu melakukan pemuatan librari terlebih dahulu.

Sintaks pembacaan:

$varpenampung=$this->input->post("namaelemen"); 
namaelemen adalah nama elemen input yang dikirimkan form aplikasi dari browser web
$varpenampung adalah nama variabel yang digunakan untuk menampung data dari browser

Jika kita tidak menggunakan librari class input, maka kita harus menggunakan variabel server $_POST, dengan menggunakan key nama elemen input dari form browser web.

Librari class input dengan fungsi post() di atas, membantu pengembang aplikasi web untuk terhindar dari kesalahan yang disebabkan nama elemen input yang dimasukkan salah. Jika kita menggunakan $_POST langsung, maka kita akan mendapatkan pesan kesalahan, jika nama elemen input salah.

Pada pembahasan ini, kita menggunakan fungsi post(), karena secara default data yang akan dikirimkan dari browser web, jika kita menggunakan CodeIgniter sebagai backendnya, harus menggunakan method post pada atribut formnya.

Untuk menghindari kesalahan penggunaan $_POST untuk membaca data input yang dikirimkan oleh pengguna web, maka pengembang aplikasi harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, apakah nama elemen input yang dimaksud ada atau tidak, jika tidak ada maka kita akan memberikan nilai default; seperti kode berikut:


$varpenampung=(isset($_POST["namaelemen"]))?$_POST["namaelemen"]:""; 
namaelemen adalah nama elemen input yang dikirimkan form aplikasi dari browser web
$varpenampung adalah nama variabel yang digunakan untuk menampung data dari browser
Pembacaan langsung dengan menggunakan $_POST harus dilakukan menggunakan assignmen yang di dalamnya ada operasi pemilihan ternary. Kita harus menggunakan fungsi isset() untuk memastikan terlebih dahulu, apakah item elemen $_POST ada atau tidak, jika ada, maka $varpenampung akan diisi dengan menggunakan $_POST["namaelemen"], jika tidak ada, maka yang diisikan adalah data kosong.

$this->input->post() akan secara otomatis melakukan proses pemeriksaan dan pemberian data default jika key untuk elemen $_POST tersebut tidak ada.

Setelah penghindaran kesalahan telah dilakukan oleh librari class input, maka pengembang aplikasi bisa lebih fokus untuk bagaimana memroses data selanjutnya.




1 komentar: